Sulit Beradaptasi, Anak Ini Menunjukkan Perubahan dalam 6 Bulan
Sumber: Jawaban.com

Family / 22 July 2024

Kalangan Sendiri

Sulit Beradaptasi, Anak Ini Menunjukkan Perubahan dalam 6 Bulan

Lidya Dwi Apriliani Official Writer
718

Mengajar anak usia dini merupakan sebuah tantangan yang penuh dinamika bagi seorang guru. Karena setiap anak memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Sehingga diperlukan pendekatan yang tepat untuk membantu perkembangan anak agar lebih optimal.  

Sama halnya yang terjadi di PAUD Nonohonis Batu Karang, di mana guru-guru menghadapi berbagai tantangan dalam mendidik anak-anak dengan karakter yang beragam. Salah satu anak didik yang mengalami perubahan yang menonjol adalah Mekal, seorang anak yang pemalu dan sangat sulit untuk beradaptasi.  

BACA JUGA : Kini Arjuna Sudah Menjadi Anak yang Mandiri 

Perubahan itu mulai terlihat setelah 6 bulan bersekolah di PAUD Nonohonis Batu Karang. Saat pertama kali bergabung PAUD Nonohonis Batu Karang pada Juli 2023, Mekal sangat pemalu dan sulit berbaur dengan teman-temannya.  

Ia lebih memilih menyendiri dan ketika dia merasa terganggu, Mekal akan mengamuk dan menggigit. Selain itu ia juga sering menangis tanpa sebab, Guru PAUD menyimpulkan hal ini karena Mekal merasa tidak nyaman.  

Kesulitan yang Mekal hadapi tidak hanya dari segi karakter. Ia juga lambat dalam menangkap pelajaran, terutama dalam mengenal warna dan angka. Sangat kontras dengan teman-temannya yang lain.  

BACA JUGA : Perjalanan PAUD Pengharapan Sejati Memuridkan Anak Usia Dini

Perubahan Mekal di PAUD Nonohonis Batu Karang dicapai melalui beberapa pendekatan yang dilakukan oleh guru-guru. Mereka memberikan perhatian khusus kepada Mekal dengan menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman baginya. Pendekatan ini untuk membantunya beradaptasi dengan teman-temannya dan lingkungan sekolah.  

Metode pembelajaran yang interaktif seperti permainan edukatif dan aktivitas kelompok juga diterapkan untuk membantu Mekal dalam belajar mengenal warna, angka, dan konsep dasar lainnya.  

BACA SELANJUTNYA DISINI>>>

Sumber : Jawaban.com
Halaman :
12Tampilkan Semua

Ikuti Kami